Senin, 24 September 2012

Organ Reproduksi Pria dan Fungsinya


Testis
Testis adalah gonad jantan yang berbentuk berbentuk oval yang terletak dalam skrotum dan berjumlah sepasang, dibatasi oleh suatu sekat yang terdiri dari jaringan ikat dan otot polos. Fungsi testis secara umum merupakan alat untuk memproduksi sperma dan hormon kelamin jantan yaitu testosterone.

Epididimis
Merupakan saluran berkelok-kelok dalam skrotum yang keluar dari testis, berjumlah sepasang kiri dan kanan, berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara sperma sampai matang dan bergerak menuju van deferensi.

Van Deferensi
Disebut  juga saluran sperma, merupakan saluran lurus yang mengarah keatas dan merupakan lanjutan dari epididimis, tidak menempel pada testis dan ujung saluranya terdapat dalam kelenjar prostat. Fungsinya sebagai saluran sperma dari epididimis ke kantong semen (v. Seminalis)
Saluran ejakulasi

Merupakan saluran pendek yang menghubungkan kantong semen dengan uretra, Fungsinya mengeluarkan sperma ke uretra.

Uretra
Merupakan saluran akhir reproduksi yang terdapat dalam penis, berfungsi sebagai saluran kelamin dari kantong semen dan saluran untuk membuang urin dari kandung kemih.

Kelenjar asesoris
Selama sperma melalui saluran pengeluaran terjadi penambahan berbagai secret yang dihasilkan kelenjar asesoris ini berfungsi untuk mempertahankan kelangsungan hidup sperma.

Vesikula Seminalis
Disebut juga kantung semen, merupakan kelenjar yang berlekuk-lekuk terletak dibelakang kandung kemih. Dindingnya menghasilkan zat makanan bagi sperma.

Kelenjar Prostat
Kelenjar ini melingkari bagian atas uretra dibawah kandung kemih, menghasilkan secret untuk kelangsungan hidup sperma.

Kelenjar Cowper
Merupak kelanjar yang saluranya langsung ke uretra, menghasilkam getah yang bersifat Alkali (basa)

Penis
Mempunyai tiga rongga yang berisi jaringan spons, uretra pada penis dikelilingi jaringan erektil yang rongganya banyak mengandung pembuluh darah, bisa terjadi rangsangan pembuluh darah dimasuki darah dan penis memegang.

Skrotum
Merupakan kentong yang berisi testis berjumlah sepasang, ditengahnya dibatasi oleh jaringan ikat dan otot polos. Otot beerfungsi untuk menggerakkan skrotum sehingga dapat mengendor dan mengerut. Di skrotum juga terdapat otot kremaster yang dapat mengatur suhu lingkungan testis dan pembentukan sperma.

1 komentar:

  1. Classic titanium necklace mens | TitaniumArts.com
    Classic Stainless Steel Stainless titanium nipple barbells Steel Mens in galaxy watch 3 titanium 3 Piece at TitoaniumArts.com. Buy Titanium titanium damascus knives Accessories at a low price with our low price. Rating: 4.9 · ‎7 snow peak titanium flask reviews titanium dioxide in food

    BalasHapus